TUGAS SOFTSKILL BAHASA INGGRIS 2
MEMO
A.
Apa itu memo?
Memo atau memorandum adalah :
Sebuah
dokumen yang digunakan untuk berkomunikasi didalam organisasi,memo biasanya
pendek dan berisi untuk,dari,tanggal,perihal dan isi pesan
Memo
tidak harus ditandatangani oleh pengirim tetapi terkadang pengirim menaruh
namanya sebagai tanda yang terletak diakhir memo paling bawah untuk
informal/bersahabat,atau pengirim menaruh nama lengkap agar lebih formal. Jika
ragu ikuti prosedur yang ada di perusahaan
B. Kenapa harus menulis memo ?
Memo digunakan dan diperlukan ketika
email atau pesan tidak cocok dikondisi tertentu,contohnya : jika kamu
mengirimkan sebuah objek,seperti buku atau kertas yang harus ditandatangani
langsung oleh internal (bagian dalam pesan di kantor) , kamu dapat menggunakan
memo sebagai catatan untuk menjelaskan kepada penerima apa yang harus
dilakukan.
C. Bagaimana cara menulis memo ?
Memo harus memiliki beberapa bagian dan isi
berikut ini :
1.
“Kepada” berisikan nama penerima yang dituju.untuk memo tidak formal,si
penerima memberikan nama misalnya “untuk andy”,itu sudah cukup. Selanjutnya ,
untuk memo yang formal menggunakan nama lengkap penerima. Jika penerima dari
department lain maka harus menggunakan nama lengkap serta nama departmentnya.
Penggunaan nama lengkap tidak harus menggunakan Tuan,Nyonya atau Nona kecuali
memo yang dibuat adalah sangat formal.
2.
Bagian “Dari” berisikan nama pengirim. Untuk memo tidak formal,nama si pengirim
seperti “Dari : Bil” itu sudah cukup. Untuk memo yang formal penggunaan nama si
pengirim harus menggunakan nama lengkap. Jika penerima berasal dari department
lain maka gunakan nama lengkap dan nama department. Biasanya,penggunaan nama
tersebut tidak harus disertakan nama tuan,nyonya atau nona kecuali memo yang
dibuat adalah sangat formal.
3.
Bagian “tanggal” , untuk menghidari kebingungan antara gaya bahasa ‘british’
dan ‘amerika’ dalam sistematika penanggalan maka penulisan bulan menggunakan
kata atau sebuah singkatan seperti ‘january’ atau ‘jan’.
4
.Bagian “perihal” .
5.
Isi pesan
Terkecuali memo adalah
sebuah catatan singkat,memo yang terorganisir dan baik harus mengikuti isi
berikut ini :
Situasi
: sebuah pendahuluan atau tujuan memo.
Masalah
(tambahan) : contohnya “sehubungan dengan pemindahan kantor baru di Kowloon
Bay,pekerja memiliki kesulitan untuk mencari tempat terdekat untuk membeli
makan siang”.
Solusi
(tambahan) : contohnya “penyediaan mesin microwave/mesin oven di bagian dapur
maka staff dapat membawa bekal makanan mereka sendiri dan menghangatkan kembali
makanan mereka”.
Aksi
: seperti halnya dengan solusi atau sebagai dari bagian solusi kebutuhan si
penerima untuk dilaksanakan,seperti “kami sagat berterima kasih jika kamu
mengizinkan kenaikan sebesar $3000”.
Kesopanan : untuk menghindari penolakan si
penerima untuk mengambil aksi / tindakan yang kamu inginkan,hal itu sangat
penting untuk mengakhiri dengan sebuah kata sopan misalnya, “sekali lagu,terima
kasih untuk bantuannya” atau tidak lebih formalnya seperti “Terima kasih”.
6.
Tanda tangan (hanya tambahan).
Comments
Post a Comment